Mendidik Cara Mendidik

Pendidikan merupakan proses yang terus mengalir dan tidak statis, pendidikan berjalan dari zaman ke zaman, dari generasi ke generasi. Sebagian berpendapat pendidikan merupakan penurunan nilai-nilai dan pengetahuan dari generasi sebelumnya kepada generasi selanjutnya. Kemudian generasi baru tersebut mengadakan inovasi-novasi yang dapat membuahkan hasil serta mampu menciptakan sesuatu yang baru sebagai hasil peningkatan dari penemuan sebelumnya. Dengan demikian agar tidak terjadi keterputusan ilmu pengetahuan pada suatu generasi diperlukan pendidikan. Pendidikan tersebut dapat dilaksanakan dalam lingkungan pendidikan formal dan pendidikan non formal.
Keluarga merupakan lembaga pendidikan non formal yang  pertama dan utama bagi generasi yang terlahir didalamnya, baik secara langsung maupun tidak langsung anak akan memulai belajar dan mengawali pendidikannya dengan melihat, mengamati dan melakukan apa saja yang dilakukan oleh anggota keluarga dewasa, inilah proses pendidikan baik secara sadar maupun tidak sadar akan mempengaruhi pengetahuan anak pada masa mendatang.
Pendidikan pada masa kanak-kanak mempunyai peran yang besar bagi pembentukan kepribadian manusia. Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama, dalam hal ini adalah orang tua terutama ibu yang mempunyai peluang besar sebagai pendidik dalam keluarga , maka perlu diadakan pendidikan bagaimana cara mendidik anak, sebab mendidik anak tidak dapat dilakukan dengan sembarangan dan asal-asalan. Oleh karena itu pengetahuan tentang cara-cara mendidik anak harus dimiliki oleh orang tua, agar dalam mendidik anaknya dapat dilakukan dengan benar. Dengan demikian maka perlu adanya kurikulum yang masuk dalam mata pelajaran tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik.

Pengetahuan orang tua tentang mendidik anak sangat penting agar tidak terjadi kesalahan dalam mendidik dimasa kanak-kakak. Sehingga semua kemajuan yang ada sekarang ini adalah hasil dari transfer turun-temurun dari generasi ke generasi yang tidak teputus. Selanjutnya generasi baru selalu mengadakan inovasi-inovasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: