Aku Merindukan Pemimpin yang …

Di zaman ini, sulit menemukan pemimpin yang mempunyai rasa empati kepada rakyat. Sehingga aku merindukan pemimpin yang benar-benar mengayomi rakyat, dan peduli pada nasib rakyat terutama rakyat miskin.

Aku rindu pemimpin yang peduli dengan pendidikan warganya atau lembaga pendidikan di wilayah kekuasaannya. Barangkali sudah aneh jika ada pemimpin yang berkunjung – meskipun hanya untuk melihat – ke sekolah-sekolah, musholah, masjid, atau pengajian-pengajian.

Aku rindu pemimpin ketika ada warganya yang miskin menderita sakit mau menjenguk bahkan mengantarkan ke rumah sakit, menanggung biaya pengobatan dan perawatan meskipun tidak menggunakan dana pribadinya. Padahal di dalam masyarakat banyak warga miskin yang kebetulan sakit dan tidak mampu berobat, akhirnya menjadi lebih menderita dan yang paling fatal menimbulkan kecacatan bahkan kematian. Sebenarnya kalau mau seorang pemimpin pasti bisa melakukannya.

Aku rindu pemimpin yang bersama-sama dengan petani desa berusaha untuk memikirkan peningkatan hasil panen, pengadaan bibit, irigasi, pemberantasan hama, pengolahan dan pemasaran hasil panen dan lain-lain. Ya meskipun bukan tugas utamanya, namun paling tidak dapat memberi motivasi bagi warganya untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi.

Aku rindu pemimpin yang peduli dengan perbaikan sikap dan perilaku masyarakat yang merusak, menyimpang dan meresahkan. Terutama pendidikan moral generasi muda. Karena pembinaan moral dan mental generasi muda bukan hanya tugas orang tua, guru, pemuka agama dan tokoh masyarakat, melainkan tugas dan tanggung jawab bersama, termasuk para pemimpin negeri.

Aku rindu pemimpin yang mampu menegakkan hukum sampai yang sekecil-kecilnya, pemimpin yang mampu mendamaikan perselisihan, pemimpin yang mampu memberikan inspirasi, pemimpin yang dapat memajukan perekonomian dan lain-lain.

Aku juga merindukan pemimpin yang cerdas, jujur, dapat dipercaya, berorientasi kepada rakyat, memiliki kemampuan berkomunikasi dengan semua lapisan masyarakat dan aku juga rindu pemimpin-pemimpin yang berhati mulia.

Aku merindukan pemimpin yang benar-benar bertanggung jawab dalam melaksanakan janji-janjinya semasa kampanye. Karena aku terlalu sering mendengar janji-janji tapi tidak pernah melihat kemakmuran.

Sebenarnya kerinduanku pada pemimpin tersebut bukanlah isapan jempol belaka, karena bila kita mau berpikir cerdas Insyaallah kita akan menemukan pemimpin yang kita rindukan. Ya semuanya tergantung I’tikad baik kita dan mudah-mudahan kita dapat memilih pemimpin yang demikian, Amin.

Tinggalkan Balasan

