Pramuka IAIN Surabaya Peduli Kusta

GERAKAN PRAMUKA IAIN SUNAN AMPEL PEDULI KUSTA

Sejak tahun 2002, Gerakan Pramuka IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Yayasan Kusta Indonesia mengadakan Pelatihan Penanggulangan Penyakit Kusta secara periodik. Pelatihan ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali dengan penyandang dana adalah Yayasan Kusta Indonesia (YKI), Gerakan Pramuka IAIN Sunan Ampel Surabaya sebagai pelaksana, sedangkan pematerinya dari Dinas Kesehatan dan Yayasan Kusta Indonesia yang sudah profesional dibidangnya.
Selama kurun waktu 7 tahun ini telah terlaksana 7 kali pelatihan dan sudah melatih ratusan peserta dari berbagai daerah. Pelatihan yang pertama tahun 2002 diikuti oleh Anggota Gerakan Pramuka dan civitas akedemika IAIN Sunan Ampel yang lain, termasuk mahasiswa, karyawan dan dosen.
Pelatihan-perlatihan selanjutnya sampai sekarang diikuti oleh anggota Gerakan Pramuka yang ada di Perguruan Tinggi dan SMA se Jawa Timur. Perluasan wilayah asal Peserta Pelatihan se Jatim ini diharapkan  dapat menyebarkan informasi mengenai kusta dengan merata khususnya di wilayah Jawa Timur dan se Indonesia pada umumnya, karena mahasiwa dan pelajar di Perguruan Tinggi Jawa Timur itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mereka akan memberikan pengetahuan yang benar tentang kusta di daerahnya masing-masing.
Pelatihan ini diawali dengan pembekalan teori tentang kusta, kemudian praktek pemeriksaan/mendiagnosis kusta, simulasi bagaimana cara penyuluhan kepada masyarakat dan sebagai puncak pelatihan adalah  berkunjung ke rumah sakit Kusta Sumber Glagah Mojokerto. Di Rumah Sakit ini peserta dapat mengetahui secara langsung penderita kusta sekaligus pengobatannya.
Tujuan Pelatihan Penanggulangan Penyakit Kusta ini adalah memberi bekal pengetahuan tentang kusta kepada peserta dan diharapkan peserta mampu menginformasikan kepada masyarakat tentang kusta dengan baik dan benar. Sehingga pandangan umum dan stigma masyarakat yang keliru tentang kusta dapat ditepis dan masyarakat akan memandang secara proporsional mengenai kusta.
Setelah kegiatan, peserta mempunyai tanggung jawab moral untuk menyebarluaskan dan menginformasikan kusta dengan benar kepada masyarakat. Secara organisasi dalam setiap kegiatannya, Gerakan Pramuka IAIN Sunan Ampel Surabaya selalu mengagendakan informasi tentang kusta, baik dalam bentuk penyuluhan kepada masyarakat, sandiwara, cerita, puisi, bermain peran atau minimal menyebarkan brosur dan buklet tentang kusta kepada masyarakat ditempat kegiatannya. Karena menyebarkan informasi tentang kusta sudah menjadi kewajiban moral bagi Gerakan Pramuka IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: