MENJADIKAN YKI SEBAGAI PUSAT KOMUNITAS

YKI (Yayasan Kusta Indonesia) merupakan lembaga yang eksistensinya diabdikan untuk penanggulangan penyakit kusta, mulai dari penyuluhan, pengobatan dan rehabilitasi penderita kusta. Dalam perkembanganya YKI telah membangun jaringan kerjasama dan komunikasi dengan masyarakat untuk menyebarkan informasi tentang kusta. Hal ini dengan sendirinya telah membangun komitmen bersama dalam penanggulangan penyakit kusta secara terpadu. Oleh karena itu sangat representatif apabila YKI dijadikan sebagai pusat komunitas.
YKI sebagai pusat komunitas maksudnya adalah YKI menjadi wadah berkumpulnya orang-orang yang mempunyai kepedulian terhadap penyakit kusta, termasuk dokter, tokoh masyarakat, mahasiswa, mantan penderita kusta dan masyarakat umum.
Ketika komunitas ini menjadi solid, banyak hal yang dapat dilakukan, terutama tanggung jawab moral dalam penyebaran informasi dan pengetahuan yang benar mengenai kusta kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan lain yang dapat dilakukan misalnya mengadakan pelatihan-pelatihan, penyuluhan, diskusi, seminar, Gerakan peduli kusta, pengobatan gratis dan masih banyak kegiatan sosial lain yang dapat dilaksanakan secara mandiri.
Dengan adanya komunitas yang intens membicarakan dan menginformasikan mengenai kusta, diharapkan masyarakat mengetahui dan memahami dengan benar bagaimana sebenarnya penyakit kusta itu, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam memandang penyakit kusta.
Dalam upaya menjadikan YKI sebagai pusat komunitas, tidak terlepas dari peluang dan sekaligus dihadapkan pada tantangan yang ada.
Peluangnya adalah bahwa selama ini YKI telah mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengadakan bermacam-macam kegiatan dan bermacam-macam pula latar belakang sosialnya, yang tentunya diantara mereka ada yang peduli dengan kusta. Ini berarti YKI telah memiliki modal awal sumberdaya dalam pembentukan komunitas.
Tantangannya adalah untuk menyatukan visi dan misi sumber daya yang plural tersebut sehingga masing-masing mempunyai komitmen bersama dan tujuan yang sama untuk saling bahu membahu dalam penanggulangan penyakit kusta di tengah-tangah masyarakat.
Selain dari itu, untuk menjadikan YKI sebagai pusat komunitas dibutuhkan sumber daya manusia yang memadai. Fungsi kepemimpinan dan keorganisasian yang handal, dan kelengkapan sarana dan prasarana menjadi penting dan sangat vital. Namun semua itu dapat diusahakan ketika komitmen untuk membangun komunitas telah ada.
Jadi untuk membangun komunitas dalam YKI dibutuhkan komitmen bersama. Sebab tanpa komitmen, komunitas tidak akan terwujud. Oleh karena itu, mari kita tumbuhkan komitmen untuk membangun komunitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: