Nasehat Diri

Merubah Karakter

Kita sulit untuk merubah karakter seseorang secara langsung, namun kita dapat mengubahnya dengan perlahan yaitu dengan merubah lingkungan dimana ia berada. Kondisikan lingkungan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Maka secara perlahan karakter seseorang akan berubah seiring dengan perkembangan waktu. Watak atau karakter tersebut akan dibentuk oleh lingkungan.

***

Seseorang yang taat hukum disuatu tempat bisa jadi dengan mudah melanggar hukum ditempat yang lain. Sebaliknya seseorang yang biasa dengan melanggar hukum bisa jadi taat hukum ditempat yang lain. Sebagai contoh : orang Indonesia suka membuang sampah, karcis tol, bungkus permen dan lain-lain disembarang tempat, tidak berbudaya antri. Namun ketika orang Indonesia di Singapura tidak ada yang membuang sampah sembarangan, tidak ada orang Indonesia disana yang suka menyerobot antrian. Jadi lingkungan dimana seseorang berada mampu mengubah perilaku yang tidak baik menjadi baik atau sebaliknya.

Berbicara dengan Orang lain

Ketika berbicara dengan orang, kita harus memperhatikan dengan penuh semangat agar kita dihargai oleh orang tersebut. Syarat komunikasi yang baik adalah mendengarkan dan tidak cukup hanya mendengar. Sebab dalam mendengar seseorang hanya pasif, tidak ada usaha untuk memperhatikan secara detail. Namun dalam mendengarkan terjadi kesungguhan hati untuk memperhatikan dan merasakan apa yang dialami oleh lawan bicara.

Menyalahkan Orang lain

Kalau kita ingin hidup bahagia dan tenang, maka jangan suka menyalahkan orang lain. Apabila salah satu dari barang kita yang tidak ada ditempatnya, kita sering berpikir dan beranggapan ada orang lain yang sengaja mengambilnya. Apabila mobil kita rusak, kita berpikir bahwa montirnya kurang beres dan lain sebagainya. Energi yang kita keluarkan lebih besar untuk menyalahkan orang lain, maka kita tidak akan bahagia sebab kita selalu berpikir tentang orang lain yang tidak sesuai dengan keinginan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: